Friday, March 13, 2015

Taman Wisata Lembah Dieng

 lembah diengTwo Ruk Info - Taman Wisata Lembah Dieng terletak di Jalan Wisata No. 99 Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Lokasinya hanya 5 kilometer dari pusat Kota Malang, jika ditempuh dengan kendaraan hanya sekitar 15 menit. Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1992  di daerah Perumahan Puncak Dieng sebagai sebuah sarana wisata penunjang bagi orang-orang yang bermukim di daerah Perumahan Puncak Dieng maupun kalangan umum. Meski sempat ditutup tahun 1997 dan terjadi bencana longsor pada tahun 2007, kawasan ini terus berbenah demi menyuguhkan wahana rekreasi yang terjangkau bagi pengunjung. Untuk memasuki wisata ini Anda hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000/orang dan dibuka mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Pada akhir pekan taman wisata ini ramai dikunjungi para wisatawan, terutama pada masa liburan sekolah. Di tempat ini terdapat area parkir yang luas, rindang, bersih dan aman. Di sekitar area parkir ini terdapat taman-taman yang hijau dan indah.
 lembah dieng
Pemandangan Lembah Dieng sangat indah, udaranya sejuk, banyak pepohonan serta udara yang masih bebas polusi. Suasana yang nyaman dan jauh dari kebisingan dapat kita temui di kawasan hijau yang terbuka. Ditunjang dengan latar belakang pemandangan Gunung Panderman dan Gunung Semeru membuat Taman Wisata Lembah Dieng semakin menarik. Letaknya yang cukup tinggi memberikan sensasi alam khas pegunungan yang sejuk dan segar. Tempat ini merupakan salah satu tempat liburan yang nyaman dan mempunyai fasilitas cukup lengkap, karena selain kolam renang (water park) dan pemancingan, berbagai jenis permainan anak-anak, area outbound, mushala, resto, area parkir luas dan hotel yang masih dalam proses pembangunan. Di Taman Wisata Lembah Dieng dilengkapi juga dengan sarana olahraga yang  lengkap seperti lapangan tenis, fitness center, arena bowling, dan billiard yang bisa dipergunakan setiap saat. Pengunjung yang masuk ke taman wisata ini, akan diberikan kebebasan dalam memilih apa yang ingin dilakukan seperti kegiatan memancing, berenang ataupun sekedar tempat berkumpul keluarga.
 kolam renang
Obyek wisata ini menawarkan kolam renang  bertaraf  internasional  tetapi dengan  harga yang  terjangkau. Terdapat dua area kolam renang yaitu di dalam taman dan di arena khusus swimming pool. Antara di dalam taman dan swimming pool berbeda keadaannya serta fasilitas yang disediakan. Di dalam taman kolam renang umumnya sempit, sedangkan untuk arena khusus swimming pool cukup luas dan disediakan berbagai macam arena di dalamnya. Kolam pertama tidak terlalu luas adalah kolam renang khusus anak-anak. Kolam renang ini dilengkapi dengan waterboom, air mancur yang mengalir langsung dari sumber air dengan kedalaman 30-70 cm. air kolam berasal dari sumber mata air secara langsung.
Sedangkan kolam di swimming pool cukup luas dengan berbagai fasilitas dan kebersihan yang terjaga. Kolam renang dengan ukuran 50×25 m  ini sangat efektif untuk berenang apalagi dengan kedalaman 1,3 – 4,2 m, pengunjung dapat berenang sesuka hati di area terbuka dengan air yang segar dan terus mengalir. Di kolam ini baik digunakan sebagai sarana bermain maupun berolahraga. Namun jika ingin masuk ke arena swimming pool, pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp. 10.000. Kedua tempat ini terjaga kebersihannya sehingga pengunjung bisa berenang sepuasnya. Terdapat juga beberapa gazebo terletak di antara kolam renang internasional dan kolam anak. Di tempat ini sangat strategis bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan kolam renang.
Selain itu dalam taman ini juga  terdapat berbagai macam satwa seperti anjing, ayam dan burung. Satwa-satwa ini memang sengaja diternakkan di sini. Di dalam taman ini disediakan banyak sekali arena bermain seperti lapangan terbuka, perahu kayuh, papan jungkit, ayunan, dan arena bermain lainnya. Anak-anak akan leluasa berlarian maupun bermain di lapangan terbuka ini. Sayangnya beberapa arena bermain di taman ini banyak yang kurang terawat, sehingga banyak juga yang sudah usang maupun rusak. Aktivitas yang juga bisa ditemui pada saat tertentu ialah sebuah pertunjukan di arena yang ada dalam Taman Wisata Lembah Dieng. Arena pertunjukan ini digunakan untuk pertunjukan teater, musik ataupun sirkus lokal. Terkadang arena pertunjukan ini digunakan ketika terdapat acara tertentu, seperti acara mahasiswa yang biasanya merupakan bagian dari outbond.
Pengunjung  juga  dapat  menikmati  sajian  spesial yang disediakan di Resto Lembah Dieng, mulai dari masakan Jepang dan berbagai menu lezat lainnya. Di resto ini pengunjung tidak hanya dapat menikmati menu-menu resto yang lezat dengan harga yang wajar, tetapi juga dilengkapi wifi dan alunan musik. Resto yang luas menghadap langsung ke kolam renang internasional dan dapat menghirup udara segar karena di sekitarnya terdapat banyak pepohonan dan taman.
 fun bike
Selain aktivitas di atas juga terdapat aktivitas bermain dan belajar sambil saling membangkitkan keakraban, kekompakan, dan keberanian yaitu dengan outbond. Arena outbond ini berada di depan taman wisata dan di samping arena swimming pool. Di area outbond terdapat banyak pepohonan besar dan rumput hijau yang terbentang luas di sepanjang area terbuka. Area ini dapat digunakan untuk flying fox, perkemahan, api unggun maupun acara-acara hiburan yang lainnya. Area ini sangat nyaman karena sangat luas dan asri ditunjang taman di sekelilingnya. Aktivitas untuk hal ini tidak setiap hari kita dapat lihat namun pada hari-hari tertentu saja. Untuk mendapatkan pendamping, pengunjung bisa menghubungi pengelola sebelum menggunakan wahana ini.
Di samping itu, Taman Wisata Lembah Dieng juga menyediakan area pemancingan bagi yang hobi memancing. Aktivitas ini paling banyak dilakukan oleh pengunjung. Tempat pemancingan yang  luas, sejuk, dan jauh dari kebisingan membuat pengunjung nyaman dan betah untuk memancing. Cocok sekali untuk melepas kepenatan sambil bercengkrama dengan teman atau keluarga, maupun hanya sekedar untuk menyalurkan hobi.
Sumber: lembahdiengmalang.com dan sumber lainnya
luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :